Bibliometric Analysis: The Use of Artificial Intelligence (AI) ChatGPT in Supporting Student Learning in the Digital Era

  • Nanda Saropi Universitas Lambung Mangkurat
  • Hamsi Mansur Universitas Lambung Mangkurat
  • Agus Hadi Utama Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: artificial intelligence, bibliometric analysis, ChatGPT, student learning

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi telah mengubah proses pembelajaran, yang tidak lagi terbatas pada ruang kelas fisik tetapi kini dapat dilakukan secara daring melalui perangkat digital. Kecerdasan Buatan (AI) merupakan salah satu alat utama yang mendukung siswa dalam mengakses informasi secara efisien melalui sarana digital. ChatGPT, sebagai model AI berbasis bahasa, dapat membantu siswa dalam memahami materi, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan tugas akademis. Namun, penggunaannya menimbulkan kekhawatiran mengenai ketergantungan teknologi, berkurangnya keterampilan berpikir kritis, dan keakuratan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana ChatGPT dapat dioptimalkan dalam proses pembelajaran di era digital. Dengan menggunakan analisis bibliometrik, penelitian ini secara sistematis menganalisis 200 publikasi ilmiah terakreditasi dari lima tahun terakhir (2020–2025) menggunakan perangkat lunak Publish or Perish. VOSviewer kemudian digunakan untuk memvisualisasikan jaringan dan hubungan antarkata kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI, khususnya ChatGPT, telah berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa dan menyediakan akses cepat ke informasi selama proses pembelajaran. Pengawasan dan metode pengajaran yang tepat juga diperlukan untuk memastikan bahwa penggunaan AI tetap efektif dan selaras dengan etika akademis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi peneliti masa depan dalam mengeksplorasi peran AI dalam pendidikan dan merancang strategi yang efektif untuk penggunaannya dalam lingkungan akademis.

Published
2025-06-20
How to Cite
Saropi, N., Mansur, H., & Utama, A. (2025). Bibliometric Analysis: The Use of Artificial Intelligence (AI) ChatGPT in Supporting Student Learning in the Digital Era. Akademika, 14(01), 168-181. https://doi.org/10.34005/ak.v14i01.4614

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.